Alasan GOL Carlos Vela diAnulir


Keputusan wasit menganulir gol Carlos Vela di menit 37 membuat Meksiko meradang. Apakah keputusan wasit Ravshan Irmatov ini keliru atau justru sudah tepat?

Pertandingan pembuka antara Afrika Selatan melawan Meksiko di Soccer City Stadium, Johannesburg, Jumat (11/6/2010), menghadirkan kontroversi ketika gol Vela buat Meksiko dianulir karena dianggap offside.

Keputusan tersebut memicu kontroversi karena pada awalnya terlihat bahwa Vela bukanlah pemain terakhir di pertahanan Afsel karena ada Steven Pienaar di garis gawang.

Merujuk kepada dokumen 'Rule of the Game' dari FIFA, offside bisa terjadi 'apabila seorang pemain berada lebih dekat ke garis gawang lawan dibanding bolanya dan pemain terakhir kedua lawan'.

Dalam kasus Vela, cuma ada satu pemain yang berada di belakang Vela, yakni Pienaar, karena kiper Itumeleng Khune sudah bergerak maju di depan Vela untuk mengantisipasi bola korner.

Fakta lainnya, bola tersebut berawal dari tendangan sudut. Dalam 'Laws of the Game' FIFA, tendangan sudut membuat aturan tentang offside tersebut batal.

Tapi yang membuat keputusan wasit Irmatov dalam kasus Vela bisa dibenarkan adalah karena setelah bola dikirim dari korner, detiksport mengamati dari siaran ulang bahwa pemain terakhir yang menyentuh bola adalah Guillermo Franco, pemain Meksiko.

Kesimpulan akhirnya, keputusan wasit Irmatov dan asistennya benar karena Vela memang berada dalam posisi offside.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4391331

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

About SKALA

Chat Boxx..


ShoutMix chat widget

Followers


Recent Comments